RSS

Bahaya Keruwetan Jakarta

13 Jan

Hal yang paling mengenaskan dari dampak keruwetan Jakarta bukanlah masalah ekonomi biaya tinggi (atau bahasa inggrisnya: ineficiency), melainkan masalah hilangnya nyawa.

Kalau cuma masalah ekonomi biaya tinggi / ketidakefisienan, semua itu dapat dibayar dengan uang. Bernilai uang yang dapat dihitung. Tetapi keruwetan Jakarta punya dampak yang lebih mengerikan daripada sekedar ketidak-efisienan. Keruwetan ini dapat berdampak pada hilangnya nyawa, yang pasti tidak dapat dihitung dengan uang.

Kemacetan lalu lintas pasti menghalangi jalannya ambulance. Atau menghalangi jalannya bajaj atau taxi yang membawa orang yang butuh segera dibawa ke Unit Gawat Darurat di Rumah Sakit.

Kemacetan lalu lintas pasti menghalangi jalan blanwir / mobil pemadam kebakaran sehingga dapat mengakibatkan tidak terselamatkannya jiwa yang berharga.

Keruwetan di sepanjang bantaran sungai sangat membahayakan jiwa orang-orang yang dibiarkan tinggal di sepanjang bantaran sungai itu. Pendangkalan sungai menyebabkan banjir, banjir besar dapat menghanyutkan orang, seperti yang berkali-kali telah terjadi.

Keruwetan di sepanjang terminal menyuburkan tindak kriminal. Pak Gubernur pasti tahu berapa nyawa yang hilang karena tindak kriminal ini.

Pak Gubernur akan dimintai Tuhan pertanggung-jawaban atas kepemimpinan Pak Gubernur selama menjabat. Tuhan tidak akan bertanya berapa banyak tambahan kekayaan Bapak selama menjadi Gubernur, atau apakah biaya kampanye pemilihan kemarin sudah balik modal. Tuhan hanya akan peduli pada apakah Bapak telah menjadi Gubernur yang efektif atau berantakan.

Semoga Pak Gubernur bisa menjadi pemimpin yang efektif, ya Pak. Sehingga tidak perlu menderita seperti Marcos (mantan Presiden Filipina) sebelum meninggal. Uangnya yang berlimpah itu tidak berhasil menyelamatkannya dari hukuman Tuhan.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 13 Januari 2012 in Bahaya

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: